TikTok ??? Apakah relevan untuk Bisnis Anda ?

Seberapa Besar TIKTOK ?

TikTok menjadi media sosial yang sangat digandrungi anak-anak muda sebagai sarana mengekspresikan diri mereka melalui nyanyian atau tarian. Popularitas aplikasi TikTok pun telah berkembang pesat sejak dirilis.

Menurut data Business of Apps, ada 1,4 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) aplikasi video pendek tersebut di dunia hingga kuartal I/2022. Angka ini meningkat 15,34% dari kuartal sebelumnya yang sebanyak 1,2 miliar pengguna. 

Jumlah MAU TikTok pun meningkat 72,17% jika dibandingkan setahun sebelumnya. Pada kuartal I/2021, hanya 812 juta pengguna TikTok di dunia.

Business of Apps juga mencatat, aplikasi TikTok diunduh sebanyak 188 juta kali pada kuartal I/2022. Jumlah ini naik 8,7% secara kuartal dan naik 6,2% secara tahunan.

Mayoritas atau 313 juta pengguna aplikasi TikTok berada di wilayah Asia Pasifik (di luar China dan India) pada 2021. Posisinya diikuti Amerika Latin dan Eropa yang masing-masing sebanyak 188 juta pengguna dan 158 juta pengguna.

Adapun, 35% pengguna TikTok secara global berusia 20-29 tahun. Lalu, persentase pengguna berusia 10-19 tahun dan 30-39 tahun masing-masing sebesar 28% dan 18%

Apakah TIKTOK bisa menunjang perkembangan bisnis ?

Dewasa ini, banyak kita lihat anak-anak muda mengekspresikan dirinya melalui video 15 detik, ternyata bisa merubah nasibnya. Mulai dari endorse sebuah produk fashion – kosmetik atau lainnya – berjualan produk secara konvensional atau affilliate bahkan menjadi content creator, pembuat konten dan review produk.

Tentunya bila hal ini bisa tersambung dengan bisnis akan mempercepat pertumbuhan bisnis, bila dikorelasikan dengan data pengguna tiktok diatas.

Beberapa hal yang berkaitan dengan TIKTOK untuk menunjang bisnis Anda, antara lain :

  1. Bila bisnis anda bergerak dibidang Jasa, anda bisa menghubungkan halaman web anda di link bio TIKTOK. Anda juga bisa melakukan siaran LIVE saat anda bekerja dikantor dengan kondisi agak longgar sambil menjawab pertanyaan dan menginformasikan bisnis Anda.
  2. Bisnis menjual produk Fisik. Anda perlu mengaktifkan TIktok Seller – upload produk di tiktok seller. Kalau perlu anda bisa mengaktifkan / menjualkan produk secara affilliate sehingga anda semakin banyak reseller. Bisa juga berjualan
  3. Pembuatan konten. Untuk Apa ? Untuk menjual 2 hal diatas, dibutuhkan konten agar bisa diupload ke TikTok baik untuk bidang usaha Jasa ataupun produk Fisik

Sehingga kita jangan kaget, bila saat ini banyak bisnis kadang dari luar tidak terlihat…tetapi kurir lalu lalang ke tempat bisnis tersebut untuk menjemput paket pengiriman. Kelihatan rumahan….hasilnya milyaran…bahkan kadang owner hanya dasteran.

Fenomena seperti ini kalau hanya sebagai penonton saja…menikmati kegamunan keberhasilan mereka..yah…percuma saja. Kecuali kalau anda sudah merasa cukup dengan kondisi yang sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *