Uncategorized

Senjata MEDIA apa saja yang efektif untuk para KONSTESTAN PILEG 2019 ?

Tanggal 21 besok KPU secara Resmi merilis Daftar Calon Tetap peserta Pilihan Legislatif 2019. Para incumbent dan pendatang baru bertarung merebut kursi Parlemen. Telah kita ketahui bersama, sejak 2014 kita disuguhkan sebuah “PERANG MEDIA SOSIAL ” oleh 2 Kubu.

Yang menarik adalah, saat ini pola kampanye sudah mulai bergeser. Dari yang dulu selalu menyewa lapangan – panggung lengkap dengan grup musik dangdut dan penyanyi ibukota, saat ini nuansanya sudah lain. Saat ini semua melalui media DIGITAL.

Mengapa DEMIKIAN ?

Ada beberapa alasan yang mendasari mengapa saat ini ERA nya KAMPANYE DIGITAL ?

  1. Masyarakat sudah mulai CERDAS. Situasi ini sangat berbeda dengan 10 – 20 tahun kebelakang, dimana tingkat pendidikan dan pemerataan pendidikan masih rendah. Sekarang masyarakat bisa menilai kinerja, siapa yang BISA KERJA…SIAPA YANG HANYA MENGHABISKAN ANGGARAN. Dengan kampanye digital ini, CALEG mensosialisasikan programnya kepada konstituennya.
  2. Masyarakat sekarang lebih akrab dengan GADGET. Dengan semakin meluasnya penggunaan gadget, aktifitas dalam media sosial juga semakin intens. Aktif dan eksis di Facebook dan atau  Instagram adalah sebuah keharusan. Belanja online – Diskusi – Curhat sudah menjadi kebiasaan. Jadi tidak salah bila kampanye dilakukan secara digital dengan menyasar sosial media, dimana nanti akan dimungkinkan diskusi 2 arah, masukan dan kritikan yang membangun melalui media sosial
  3. Lebih TERTARGET. Kita bisa menTARGET Umur dan Gender calon Pemilih kita yang hanya bisa membaca tayangan Iklan kita. Jadi tidak semua masyarakat …apalagi seIndonesia. Sangat tidak relevan bahkan kurang mengena, karena potensi masing-masing wilayah boleh berbeda sesuai dengan kebutuhan.
  4. Jangkauan sesuai KEINGINAN. Masing-masing CALEG mempunyai DAPIL yang berbeda, baik DPR RI – DPRD Prov – DPRD Kab/Kota. Sehingga tayangan KAMPANYE DIGITAL bisa disesuaikan daerah tayangnya.
  5. Budget TERJANGKAU. Jelas…dibandingkan dengan kampanye konvensional, kampanye digital lebih efisien.

5 Senjata yang Efektif untuk Kampanye Digital diantaranya :

  1. Youtube – beirisi konten video. Kegiatan CALEG sehari-hari dalam bermasyarakat, Program yang sedang dan akan dijalankan, bisa disosialisasikan melalui video. Lebih mudah.
  2. WordPress – Berisi informasi seputar CALEG. Update setiap hari.
  3. Facebook – Beisi foto kegatan, informasi penting dan sebagainya. Bisa dijalankan melalui IKLAN ( Facebook ads )
  4. Instagram – Foto2 kegiatan CALEG. Media yang sedang naik daun dan penggunanya banyak.
  5. Website – Berisi informasi seputar CALEG. Update setiap hari.

Jadi…masih malas KAMPANYE DIGITAL ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *